Loading
AKPAR Pertiwi
  • Beranda
  • Tentang Kami
  • Program Studi
  • Kuliah Daring
  • Pendaftaran
  • Info Mahasiswa
  • Hubungi Kami
  • Search

Program Studi

Gambaran Umum

Akademi Pariwisata (AKPAR) Pertiwi melaksanakan program pendidikan dari tingkat profesional D3 (Diploma 3) dan D4 (Diploma 4). Pilihan program Diploma 4 ada 2, yakni D4 Manajemen Perhotelan dan Manajemen Acara. Sementara untuk program Diploma 3, yakni D3 Perhotelan.

Akpar Pertiwi disebut juga sebagai kampus vokasi. Hal ini tercipta karena sistem belajar menggunakan metode praktek. Artinya, komponen praktek mengambil porsi yang lebih besar dengan perbandingan 60% praktek dan 40% teori. Adapun pelaksanaan praktek biasanya dilakukan ketika hendak menjelang UTS dan UAS di laboratorium praktek di Akpar Pertiwi.

Berikut ini penjelasan mengenai beberapa program studi yang diselenggarakan oleh Akademi Pariwisata Pertiwi:

Program Studi

D3 PERHOTELAN

Sekilas Tentang D3 Perhotelan

Program Diploma 3 Perhotelan bertujuan untuk mencetak sumber daya manusia yang kompeten dan profesional pada industri perhotelan. Program ini akan ditempuh selama +3 tahun dengan menyelesaikan sebanyak 110 SKS. Secara khusus, kompetensi unggulan dari lulusan ini adalah dari aspek teknikal. Walaupun juga akan didukung oleh aspek manajerial. Di akhir, lulusan Program Diploma 3 ini akan mendapatkan gelar Ahli Madya Perhotelan (A.Md. Par).

Visi Program Studi D3 Perhotelan

Menjadi Program Studi D3 Perhotelan Terpercaya yang berkomitmen menghasilkan insan cendekia di berbagai bidang terapan operasional hospitality industry yang berkarakter, profesional dan berkompentensi unggul

Misi Program Studi D3 Perhotelan

Menyelenggarakan Program Studi D3 Perhotelan dengan sistem manajemen mutu yang berorientasi pada lulusan siap pakai di berbagai bidang terapan operasional hospitality, yang berkarakter, profesional dan berkompentensi unggul

Apakah yang akan dipelajari:

  1. Bagaimana menguasai dengan mudah dan efektif dalam pengelolalaan hotel.
  2. Bagaimana pengolahan makanan dan minuman dengan mudah.
  3. Bagaimana menguasai tehnik tata graha yang baik dengan mudah.
  4. Bagaimana berkomunikasi bahasa Inggris dengan baik.
  5. Bagaimana menjadi wirausaha mandiri, dalam bidang usaha Makanan dan Minuman.

Metodologi Perkuliahan:

  1. Student Centered Learning Approaches,
  2. Praktikum/Praktek,
  3. Penugasan Mandiri dan Terstruktur,
  4. Belajar dengan para dosen dan praktisi yang telah berpengalaman dibidangnya, yang kerkualitas enerjik serta penuh dedikasi dan menyenangkan.

Apa kegiatan unggulan akademik selain kuliah?

Selain kuliah di dalam kelas, ada beberapa kegiatan unggulan akademik guna menambah skill dan pengetahuan dari mahasiswa, yakni:

  1. On The Job Training selama 1 tahun di hotel seluruh Indonesia.
  2. Pelatihan Bahasa Inggris dari BBC
  3. Uji Kompetensi dari LSP Bidang Perhotelan
  4. Kunjungan Industri
  5. Table Manner

Jadwal Perkuliahan

Penjadwalan perkuliahan program studi D3 dapat mengikuti kelas reguler pagi, kelas regular malam atau kelas karyawan (eksekutif).

  1. Kelas Reguler Pagi

Mahasiswa/i dapat mengikuti proses belajar mengajar setiap hari Senin s.d. Kamis yang dimulai pada pukul 08.30 s.d. 14.30. Jadwal perkuliahan mengikuti Kartu Rencana Studi (KRS) yang disetujui dengan durasi per sesi mata kuliah selama 100 menit.

  1. Kelas Reguler Malam

Mahasiswa/i dapat mengikuti proses belajar mengajar setiap hari Senin s.d. Kamis yang dimulai pada pukul 18.00 s.d. 21.30. Jadwal perkuliahan mengikuti Kartu Rencana Studi (KRS) yang disetujui dengan durasi per sesi mata kuliah selama 70 menit.

  1. Kelas Karyawan

Mahasiswa/i dapat mengikuti proses belajar mengajar setiap hari Jumat s.d. Sabtu. Untuk Jumat kuliah dimulai pada pukul 18.00 s.d. 21.30. Sedangkan untuk Sabtu, kuliah dimulai pukul 08.30 s.d. 17.30. Jadwal perkuliahan mengikuti Kartu Rencana Studi (KRS) yang disetujui dengan durasi per sesi mata kuliah selama 100 menit.

Setelah Lulus, Mahasiswa Program D3 akan:

  1. Mampu dan terampil dalam kegiatan perencanaan dan penyelenggaraan prinsip- prinsip  pengelolaan hotel
  2. Mampu dan terampil dalam bidang pengolahan Makan dan Minuman (Food and Beverage Product)
  3. Mampu dan terampil dalam bidang pembuatan Kue dan Roti (Pastry and Bakery)
  4. Mampu dan terampil dalam bidang Tata Graha (House Keeping)
  5. Mampu dan terampil dalam bidang Meramu Minuman (Bartending)
  6. Mampu dan terampil dalam bidang Tata Hidang (Food and Beverage Service)
  7. Mampu dan terampil dalam kegiatan Kantor Depan Hotel (Front Office)
  8. Dan mempunyai kemampuan untuk berwira usaha mandiri dalam bidang usaha makanan dan minuman.

 

Setelah lulus kuliah, apa sertifikat yang akan di dapat?

Selain gelar S.Tr.Par yang akan disematkan pada bagian akhir nama lulusan, ada beberapa sertifkat yang akan didapatkan pula, yakni:

  1. Ijazah
  2. Transkip Nilai
  3. Sertifikat TOEFL
  4. Sertifikat Kompetensi/Profesi dari LSP Bidang Perhotelan
  5. Sertifikat Table Manner
  6. Sertifikat Kegiatan, Misal BLT, Seminar, Dll

Perusahaan yang akan menampung lulusan

Beberapa perusahaan yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk bekerja dan berkarir adalah:

  1. Hotel
  2. Restoran
  3. Kapal Pesiar
  4. Tempat Wisata (Mall, Kebun Raya, Dll)
  5. Lembaga Pendidikan

Daftar Mata Kuliah

Semester I
Nmr. Kode MK Nama Matakuliah SKS
1 BB-313022 PENGANTAR ILMU PARIWISATA 2
2 KB-312012 KANTOR DEPAN HOTEL I 2
3 KB-312033 PENGOLAHAN MAKANAN I 3
4 KB-312073 TATA GRAHA HOTEL I 3
5 KB-312123 SENI KULINER ROTI DAN KUE II 2
6 KB-312092 TATA HIDANG MAKANAN DAN MINUMAN I 3
7 KK-312113 SENI KULINER ROTI DAN KUE I 2
8 PB-315012 BARTENDING I 2
9 PK-311044 BAHASA INGGRIS UMUM 4
    Jumlah SKS: 23
Semester II
Nmr. Kode MK Nama Matakuliah SKS
10 KB-312022 KANTOR DEPAN HOTEL II 2
11 KB-312043 PENGOLAHAN MAKANAN II 3
12 KB-312083 TATA GRAHA HOTEL II 3
13 KB-312102 TATA HIDANG MAKANAN DAN MINUMAN II 2
14 KB-312123 SENI KULINER ROTI DAN KUE II 3
15 KK-314022 DASAR-DASAR MANAJEMEN HOTEL 2
16 PB-315022 BARTENDING II 2
17 PB-315034 BAHASA INGGRIS PROFESI I 4
18 PK-311052 PENDIDIKAN KARAKTER 2
    Jumlah SKS: 23
Semester III
Nmr. Kode MK Nama Matakuliah SKS
19 BB-313012 ILMU EKONOMI KREATIF 2
20 BB-313032 PENGENDALIAN BIAYA 2
21 KB-312053 PENGOLAHAN MAKANAN III 3
22 KB-312133 SENI KULINER ROTI DAN KUE III 3
23 KB-312142 PERENCANAAN DAN DESIGN MENU 2
24 KK-314032 MANAJEMEN KEHUMASAN 2
25 PB-315044 BAHASA INGGRIS PROFESI II 4
26 PB-315082 HYGIENE DAN SANITASI 2
27 PB-315102 APLIKASI ILMU KOMPUTER 2
28 PK-311022 KEWARGANEGARAAN 2
    Jumlah SKS: 24
Semester IV
Nmr. Kode MK Nama Matakuliah SKS
29 BB-313042 PENGANTAR PERALATAN RESTAURAN DAN DAPUR 2
30 KB-312063 PENGOLAHAN MAKANAN IV 3
31 KK-314042 MANAJEMEN PEMASARAN HOTEL 2
33 PB-315052 BAHASA INGGRIS PROFESI III 4
34 PB-315072 BAHASA PERANCIS 2
35 PB-315112 MICE 2
37 PB-315193 KEWIRAUSAHAAN 3
38 PK-311012 PENDIDIKAN AGAMA 2
    Jumlah SKS: 24
Semester V
Nmr. Kode MK Nama Matakuliah SKS
39 PB-315136 PRAKTEK KERJA LAPANGAN 6
    Jumlah SKS: 6
Semester VI
Nmr. Kode MK Nama Matakuliah SKS
40 KK-314052 METODOLOGI PENELITIAN 2
41 KK-314072 STATISTIK PARIWISATA 2
42 PB-315064 BAHASA INGGRIS PROFESI IV 4
43 PB-315144 KARYA TULIS AKHIR 4
44 PK-311032 BAHASA INDONESIA 2
    Jumlah SKS: 16

Program Studi

D4 MANAJEMEN PERHOTELAN

Sekilas Tentang D4 Manajemen Perhotelan

Program Diploma 4 Manajemen Perhotelan bertujuan untuk mencetak sumber daya manusia yang kompeten dan profesional pada industri perhotelan. Program ini akan ditempuh selama +4 tahun dengan menyelesaikan sebanyak 144 SKS. Secara khusus, kompetensi unggulan dari lulusan ini adalah dari aspek manajerial. Walaupun juga akan didukung oleh aspek teknikal. Di akhir, lulusan Program Diploma 4 ini akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan Perhotelan (S.Tr.Par).

Apakah yang akan dipelajari:

  1. Bagaimana menguasai dengan mudah dan efektif dalam pengelolalaan hotel (manajemen hotel)
  2. Bagaimana pengolahan makanan dan minuman dengan mudah.
  3. Bagaimana menguasai tehnik tata graha yang baik dengan mudah.
  4. Bagaimana berkomunikasi bahasa Inggris dengan baik.
  5. Bagaimana menjadi wirausaha mandiri, dalam bidang usaha Makanan dan Minuman.

Metodologi Perkuliahan:

  1. Student Centered Learning Approaches,
  2. Praktikum/Praktek,
  3. Penugasan Mandiri dan Terstruktur
  4. Belajar dengan para dosen dan praktisi yang telah berpengalaman dibidangnya, yang kerkualitas enerjik serta penuh dedikasi dan menyenangkan.

Apa kegiatan unggulan akademik selain kuliah?

Selain kuliah di dalam kelas, ada beberapa kegiatan unggulan akademik guna menambah skill dan pengetahuan dari mahasiswa, yakni:

  1. On The Job Training selama 1 tahun di hotel seluruh Indonesia.
  2. Pelatihan Bahasa Inggris dari BBC
  3. Uji Kompetensi dari LSP Bidang Perhotelan
  4. Kunjungan Industri
  5. Table Manner

Jadwal Perkuliahan

Penjadwalan perkuliahan program studi D3 dapat mengikuti kelas reguler pagi, kelas regular malam atau kelas karyawan (eksekutif).

  1. Kelas Reguler Pagi

Mahasiswa/i dapat mengikuti proses belajar mengajar setiap hari Senin s.d. Kamis yang dimulai pada pukul 08.30 s.d. 14.30. Jadwal perkuliahan mengikuti Kartu Rencana Studi (KRS) yang disetujui dengan durasi per sesi mata kuliah selama 100 menit.

  1. Kelas Reguler Malam

Mahasiswa/i dapat mengikuti proses belajar mengajar setiap hari Senin s.d. Kamis yang dimulai pada pukul 18.00 s.d. 21.30. Jadwal perkuliahan mengikuti Kartu Rencana Studi (KRS) yang disetujui dengan durasi per sesi mata kuliah selama 70 menit.

  1. Kelas Karyawan

Mahasiswa/i dapat mengikuti proses belajar mengajar setiap hari Jumat s.d. Sabtu. Untuk Jumat kuliah dimulai pada pukul 18.00 s.d. 21.30. Sedangkan untuk Sabtu, kuliah dimulai pukul 08.30 s.d. 17.30. Jadwal perkuliahan mengikuti Kartu Rencana Studi (KRS) yang disetujui dengan durasi per sesi mata kuliah selama 100 menit.

Setelah Lulus, Mahasiswa Program D4 akan:

  1. Mampu dan terampil dalam kegiatan perencanaan dan penyelenggaraan prinsip- prinsip  pengelolaan hotel
  2. Mampu dan terampil dalam bidang pengolahan Makan dan Minuman (Food and Beverage Product)
  3. Mampu dan terampil dalam bidang pembuatan Kue dan Roti (Pastry and Bakery)
  4. Mampu dan terampil dalam bidang Tata Graha (House Keeping)
  5. Mampu dan terampil dalam bidang Meramu Minuman (Bartending)
  6. Mampu dan terampil dalam bidang Tata Hidang (Food and Beverage Service)
  7. Mampu dan terampil dalam kegiatan Kantor Depan Hotel (Front Office)
  8. Mempunyai kemampuan untuk berwira usaha mandiri dalam bidang usaha makanan dan minuman.

 

Setelah lulus kuliah, apa sertifikat yang akan di dapat?

Selain gelar S.ST., Par yang akan disematkan pada bagian akhir nama mahasiswa, ada beberapa sertifkat yang akan didapatkan pula, yakni:

  1. Ijazah
  2. Transkip Nilai
  3. Sertifikat TOEFL
  4. Sertifikat Kompetensi/Profesi dari LSP Bidang Perhotelan
  5. Sertifikat Table Manner
  6. Sertifikat Kegiatan, Misal BLT, Seminar, Dll

Perusahaan yang akan menampung lulusan

Beberapa perusahaan yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk bekerja dan berkarir adalah:

  1. Hotel
  2. Restoran
  3. Kapal Pesiar
  4. Tempat Wisata (Mall, Kebun Raya, Dll)
  5. Lembaga Pendidikan

Daftar Mata Kuliah

Semester I
Nmr. Kode MK Nama Matakuliah SKS
1 PK-4110043 English For Tourism 3
2 KB-4120062 Kantor Depan Hotel I 3
3 KB-4120102 PENGOLAHAN MAKANAN I 3
4 KB-4120142 Pengolahan roti dan kue I 3
5 KB-4120181 Tata Graha I 3
6 PK-4110012 Pendidikan Agama 2
7 BB-4130012 Pariwisata Indonesia 2
8 PK-4110022 Kewarganegaraan 2
       
    Jumlah SKS: 21
Semester II
Nmr. Kode MK Nama Matakuliah SKS
9 PK-4110052 Pendidikan Karakter 3
10 KB-4120082 Kantor Depan Hotel 2 3
11 KB-4120122 Pengolahan Makanan II 3
12 KB-4120162 Pengolahan roti dan kue II 3
13 KB-4120201 Tata Graha II 3
14 KB-4120222 Tata Hidang Makanan dan minuman I 3
15 PB-4150121 Manajemen Perhotelan 3
    Jumlah SKS: 21
Semester III
Nmr. Kode MK Nama Matakuliah SKS
16 PB-4150146 Praktek Kerja Lapangan 8
    Jumlah SKS: 8
Semester IV
Nmr. Kode MK Nama Matakuliah SKS
17 KB-4120242 Tata Hidang Makanan dan minuman II 3
18 PB-4150052 Bahasa Jepang I 2
19 PB-4150032 Bahasa Mandarin I 2
20 BB-4130032 Stewarding 3
21 BB-4140032 MSDM 3
22 PB-4150073 Kesehatan dan Gizi Makanan 3
23 BB-4140083 Marketing Perhotelan 3
24 PB-4150023 English Conversation 3
    Jumlah SKS: 22
Semester V
Nmr. Kode MK Nama Matakuliah SKS
25 BB-4140052 Manajemen komunikasi & negosiasi 3
26 BB-4140062 Manajemen Risiko 2
27 BB-4140072 Manajemen Stratejik 2
28 BB-4140011 Akuntansi Hotel 3
29 PB-4150042 Bahasa Mandarin II 2
30 PB-4150062 Bahasa Jepang II 2
31 PB-4150013 English For Hotel 3
32 BB-4140112 Manajemen Administrasi Perhotelan 2
33 PB-4150093 Kewirausahaan I 3
34 PB-4150082 Keamaan dan Keselamatan Kerja di Hotel 2
    Jumlah SKS: 24
Semester VI
Nmr. Kode MK Nama Matakuliah SKS
35 BB-4140094 Metodologi penelitian 3
36 PK-4110032 Bahasa Indonesia 3
37 PB-4150103 Kewirausahaan II 3
38 PB-4150112 Aplikasi Komputer 3
39 KB-4120024 Manajemen Tata Graha 3
40 KB-4120044 Manajemen Pengolahan Makanan 3
41 KB-4120054 Manajemen Roti dan Kue 3
    Jumlah SKS: 21
Semester VII
Nmr. Kode MK Nama Matakuliah SKS
42 PB-4150156 Praktek Kerja Lapangan 8
    Jumlah SKS: 8
Semester VIII
Nmr. Kode MK Nama Matakuliah SKS
43 KB-4120014 Manajemen Kantor Depan Hotel 3
44 KB-4120034 Manajemen Restauran dan Bar 3
45 BB-4140103 Statistik Pariwisata 3
46 PB-4150166 Skripsi 6
    Jumlah SKS: 12

Program Studi

D4 MANAJEMEN ACARA (MICE)

Sekilas Tentang D4 Manajemen Acara (MICE)

Program Diploma 4 Manajemen Acara (MICE) bertujuan untuk mencetak sumber daya manusia yang kompeten dan profesional pada industri pariwisata, khususnya industri event. Program ini akan ditempuh selama +4 tahun dengan menyelesaikan sebanyak 144 SKS. Secara khusus, kompetensi unggulan dari lulusan ini adalah dari aspek manajerial. Walaupun juga akan didukung oleh aspek teknikal. Di akhir, lulusan Program Diploma 4 ini akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan (S.Tr).

Kenapa harus memilih kuliah D4 MICE?

Saat ini, sektor industri pariwisata dan MICE (Event) melaju tanpa henti. Hal ini dapat dibuktikan dari penyelenggaran event di berbagai venue dan di berbagai daerah di Indonesia. Hampir setiap tahun, berbagai jenis penyelenggaraan diadakan di mana-mana, mulai dari seminar, workshop, kongres, tour and travel, pagelaran budaya, launching, musik dan berbagai atraksi dan festival lainnya. Tak pernah mati berhenti. Bahkan wedding saja, tak pernah mati setiap weekend. Ini lagi-lagi membutikan industry pariwisata dan MICE sedang berkembang dan maju.

Bukti lainnya dapat dilihat dari industri pendukung pariwisata dan MICE tersebut, seperti advertising dan percetakan, rental sound system, rental pameran hingga jasa catering. Berdasarkan hal tersebut, saat ini, industry MICE/event menjadi salah satu indikator perkembangan ekonomi suatu bangsa, sekaligus bagian penting di bidang pariwisata. Penyelenggaraan event nasional maupun internasional membutuhkan perangkat keras infrastruktur fisik, dan sumber daya manusia yang ahli serta mentalitas service excellent.

Melihat hal tersebut, maka kemajuan industri MICE/event ini harus diiringi dengan berbagai aspek guna mendukung indutri tersebut, seperti peraturan pemerintah, anggaran, prasarana dan sarana, dan yang tak kalah pentingnya adalah menyiapkan SDM yang akan berkecimpung di dalam industri tersebut. Oleh karenanya, SDM tersebut harus dilatih baik dari segi sikap, pengetahuan, keterampilan umum hingga keterampilan khusus.  Dan Akademi Pariwisata Pertiwi siap menjadi bagian dari penyiapan SDM tersebut.

Keberadaan Program Studi D4 Manajemen MICE/event adalah kontribusi terhadap proses pembentukkan sumber daya manusia Indonesia unggul, dimana lulusan Program Studi D4 Manajemen MICE/event diharapkan dapat mengembangkan khasanah keilmuan kompetensi utama yaitu Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition juga special event melalui proses pembelajaran “student centre learning”, seperti analisis studi banding, temuan hasil penelitian, telaah kajian pariwisata atau literatur  dan implementasi karya dalam program-program yang kreatif dan inovatif serta teknologi tepat guna. Begitu pula pengembangan pada kompetensi pendukung, seperti bahasa, ilmu hospitality dan pariwisata, public relation, manajemen pemasaran, keuangan, dan sumberdaya manusia untuk mendasari pemanfaatan ilmu dan ketrampilannya di masyarakat.

VISI & MISI

Visi

Menjadi Program Studi Terpercaya yang berkomitmen menghasilkan insan cendekia di berbagai bidang ilmu terapan yang berkarakter, profesional dan berkompentensi unggul.

Misi

  1. Menyelenggarakan Pendidikan dan pembelajaran terpercaya di berbagai bidang ilmu terapan yang berkarakter, profesional dan berkompentensi unggul
  2. Menyelenggarakan penelitian terpercaya di berbagai bidang ilmu terapan yang berkarakter, profesional dan berkompentensi unggul
  3. Menyelenggarakan layanan profesi terpercaya di berbagai bidang ilmu terapan yang berkarakter, profesional dan berkompentensi unggul

Apakah yang akan dipelajari:

  1. Membuat perencanaan event, dari segi konsep, promosi, peserta hingga keuangan.
  2. Menganalisis sebuah event dari segi managemen bisnis dan managemen resiko.
  3. Menyiapkan dokumen administrasi untuk bidding, pitching atau tender.
  4. Mengelola promosi destinasi dengan konsep pariwisata dan event.
  5. Konsep tour dan menjadi tour leader.

Metodologi Perkuliahan:

  1. Student Centered Learning.
  2. Praktek Event.
  3. Penugasan Mandiri dan Terstruktur.
  4. Belajar dengan para dosen dan praktisi yang telah berpengalaman dibidangnya, yang kerkualitas enerjik serta penuh dedikasi dan menyenangkan.

Apa kegiatan unggulan akademik selain kuliah?

Selain kuliah di dalam kelas, ada beberapa kegiatan unggulan akademik guna menambah skill dan pengetahuan dari mahasiswa, yakni:

  1. On The Job Training selama 1 tahun di perusahaan EO di seluruh Indonesia.
  2. Pelatihan Bahasa Inggris dari BBC.
  3. Uji Kompetensi dari LSP Bidang MICE.
  4. Kunjungan Industri
  5. Membuat event di setiap semester.

Jadwal Perkuliahan

Penjadwalan perkuliahan program studi D4 dapat mengikuti kelas reguler pagi, kelas regular malam atau kelas karyawan (eksekutif).

  1. Kelas Reguler Pagi

Mahasiswa/i dapat mengikuti proses belajar mengajar setiap hari Senin s.d. Kamis yang dimulai pada pukul 08.30 s.d. 14.30. Jadwal perkuliahan mengikuti Kartu Rencana Studi (KRS) yang disetujui dengan durasi per sesi mata kuliah selama 100 menit.

  1. Kelas Reguler Malam

Mahasiswa/i dapat mengikuti proses belajar mengajar setiap hari Senin s.d. Kamis yang dimulai pada pukul 18.00 s.d. 21.30. Jadwal perkuliahan mengikuti Kartu Rencana Studi (KRS) yang disetujui dengan durasi per sesi mata kuliah selama 70 menit.

  1. Kelas Karyawan

Mahasiswa/i dapat mengikuti proses belajar mengajar setiap hari Jumat s.d. Sabtu. Untuk Jumat kuliah dimulai pada pukul 18.00 s.d. 21.30. Sedangkan untuk Sabtu, kuliah dimulai pukul 08.30 s.d. 17.30. Jadwal perkuliahan mengikuti Kartu Rencana Studi (KRS) yang disetujui dengan durasi per sesi mata kuliah selama 100 menit.

Setelah Lulus, Mahasiswa Program D4 akan:

  1. Mampu dan terampil dalam kegiatan perencanaan dan penyelenggaraan prinsip- prinsip  manajemen
  2. Mampu dan terampil dalam bidang meeting dan
  3. Mampu dan terampil dalam bidang incentive dan
  4. Mampu dan terampil dalam bidang pameran (exhibition)
  5. Mampu dan terampil dalam bidang special event.
  6. Mampu dan terampil dalam bidang bidding, pitching dan tender.
  7. Mampu dan terampil dalam bidang negosiasi dan kerjasama.
  8. Mampu dan terampil dalam bidang anggaran.

Setelah lulus kuliah, apa sertifikat yang akan didapat?

Selain gelar S.ST., Par yang akan disematkan pada bagian akhir nama mahasiswa, ada beberapa sertifkat yang akan didapatkan pula, yakni:

  1. Ijazah
  2. Transkip Nilai
  3. Sertifikat TOEFL
  4. Sertifikat Kompetensi/Profesi dari LSP Bidang Perhotelan
  5. Sertifikat Table Manner
  6. Sertifikat Kegiatan, Misal BLT, Seminar, Dll

Target Perusahaan atau Bidang untuk Berkarir Selepas Lulus

Beberapa perusahaan atau bidang yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk bekerja dan berkarir adalah:

  1. Event Organizer
  2. Destinasi Wisata
  3. Tour & Travel
  4. Venue
  5. Perusahaan Swasta (Consumer Good)
  6. Broadcasting & Media
  7. BUMN
  8. Perhotelan

GELOMBANG PENERIMAAN

  1. Gelombang Pertama : 1-30 November 2018
  2. Gelombang Kedua : 1-31 Desember 2018
  3. Gelombang Ketiga : 1-30 Januari 2019
  4. Gelombang Keempat : 1-28 Februari 2019
  5. Awal Kuliah : 1 Maret 2019

PROMO:

  1. Dapatkan Beasiswa 100% untuk semester I.
  2. Dapatkan Diskon Khusus Untuk Pendaftaran sebesar Rp 500.000,- pada setiap Open House!
  3. Bagi kamu yang berprestasi, aktif di organisasi dan memiliki keterampilan Bahasa, olahraga dan kesenian, akan dapat beasiswa!

Daftar Mata Kuliah

Semester I
Nmr. Kode MK Nama Matakuliah SKS
1 PK-4210012 Pendidikan Agama 2
2 PK-4210022 Bahasa Indonesia 2
3 KK-4240012 Kajian Pariwisata 2
4 KK-4240042 Perkembangan Industri Pengelolaan Konvensi & Acara 2
5 PB-4250012 Dasar-Dasar Komputer Ms. Office 2
6 PB-4250044 Bahasa Inggris 1 4
7 KB-4220034 Karakteristik & Perencanaan Meeting & Konvensi 4
8 KB-4220044 Karakteristik & Perencanaan Incentive 4
    Jumlah SKS: 22
Semester II
Nmr. Kode MK Nama Matakuliah SKS
8 PK-4210042 Interpersonal Skill 1 2
9 KB-4220012 Korespondensi 2
10 BB-4230072 Promosi & Sponshorship 2
11 KK-4240062 Analisis Bisnis Industri Pengelolaan Konvensi & Acara 2
12 PB-4250054 Bahasa Inggris 2 4
13 KK-4240132 Manajemen Logistik dan Produksi 2
14 KB-4220054 Karakteristik & Perencanaan Pameran 4
15 KB-4220064 Karakteristik & Perencanaan Special Event 4
    Jumlah SKS: 22
Semester III
Nmr. Kode MK Nama Matakuliah SKS
16 PB-4250096 OJT 4
17 PB-4250114 Laporan dan Presentasi OJT 4
    Jumlah SKS: 8
Semester IV
Nmr. Kode MK Nama Matakuliah SKS
18 PB-4250064 Bahasa Inggris 3 4
19 PK-4210032 Kewarganegaraan 2
20 KK-4240072 Manajemen Proyek Pengelolaan Konvensi dan Acara 2
21 BB-4230042 Ekonomi Kreatif 2
22 PB-4250022 Teknologi Multimedia 2
23 BB-4230082 Manajemen Sales dan Marketing 2
24 KK-4240082 Bidding 2
25 KB-4220102 Etika Keprotokolan 2
26 BB-4230034 Manajemen SDM Event 4
    Jumlah SKS: 22
Semester V
Nmr. Kode MK Nama Matakuliah SKS
27 PK-4210052 Interpersonal Skill 2 2
28 KK-4240092 Hukum Kontrak dan Bisnis 2
29 KK-4240102 Design Grafis dan Animasi 2
30 KK-4240052 Seni Budaya Nasional 2
31 PB-4250034 Manajemen Pengelolaan Konvensi dan Acara 4
32 KK-4240024 Tata Hidang Makanan 4
33 PB-4250073 Bahasa Jepang 4
34 KK-4240112 Keimigrasian 2
35 KK-4240122 Kepabeanan 2
    Jumlah SKS: 24
Semester VI
Nmr. Kode MK Nama Matakuliah SKS
36 KB-4220112 Registrasi 2
37 BB-4230092 Komunikasi Bisnis dan Negosiasi 2
38 BB-4230022 Manajemen Strategik 2
39 BB-4230102 CSR 2
40 KK-4240032 Statistik Pengelolaan Konvensi dan Acara 2
41 PB-4250083 Bahasa Mandarin 4
42 KB-4220072 Studio Kreatif dan Tata Panggung 2
43 KB-4220082 Akuntansi 2
44 KB-4220092 Manajemen Atraksi 2
    Jumlah SKS: 20
Semester VII
Nmr. Kode MK Nama Matakuliah SKS
45 PB-4250106 OJT 4
46 PB-4250124 Laporan dan Presentasi OJT 4
    Jumlah SKS: 8
Semester VIII
Nmr. Kode MK Nama Matakuliah SKS
47 KB-4220022 Penulisan Ilmiah 2
48 BB-4230014 Kewirausahaan 4
49 BB-4230052 Manajemen Resiko 2
50 BB-4230062 Manajemen Keuangan 2
51 PB-4250136 Tugas Akhir 6
    Jumlah SKS: 16
Blog Posts

The 20 latest Blog Posts

  • Surat Informasi Pelaksanaan PTMT
  • Pengumuman Penerima Beasiswa Pertiwi Gelombang 6 T.A. 2021/22
  • Pengumuman Penerima Beasiswa Pertiwi Gelombang 5 T.A. 2021/22
  • Pengumuman Penerima Beasiswa Pertiwi Gelombang 4 T.A. 2021/22
  • SURAT PPEMBERITAHUAN UKT 2021
  • Pendaftaran Bantuan UKT/SPP Semester Ganjil 2021/2022
  • Pengumuman Penerimaan Beasiswa Pertiwi Gelombang 3 T.A. 2021/22
  • KKN-PKM AKPAR Pertiwi Bangun MCK Di Pelosok Bukit!
  • Handsome & Beauty Class 2021 : Stay Beauty and Handsome During COVID-19 Pandemic
  • Lomba Kemerdekaan Mahasiswa Pertiwi
  • KALENDER AKADEMIK 2021 GASAL AKADEMI PARIWISATA PERTIWI
  • Surat Edaran Kebijakan Keuangan di Tahun Akademik 2021-1
  • Pengumuman Penerimaan Beasiswa Pertiwi T.A. 2021/22
  • INFORMASI KEGIATAN SIDANG
  • Gerakan Indonesia Bangkit : Doa Lintas Agama Untuk Bumi Pertiwi
  • Pengumuman Beasiswa Pertiwi T.A. 2021/2022
  • Pengumuman Beasiswa Pertiwi T.A. 2021/2022
  • Pemberitahuan Bulan Ramadhan 1442H
  • INFORMASI SEMESTER GENAP 2020-2
  • KEBIJAKAN KEUANGAN DI TAHUN AKADEMIK 2020-2
Portfolio

The 8 latest Portfolio Entries

Pusat Karir Pertiwi
Pusat Penelitian Pertiwi
business-center-pertiwi Pusat Bisnis Pertiwi
Pages

Available Pages

  • About
  • Administrasi Akademik
  • Administrasi Keuangan
  • Akademi Pariwisata Pertiwi – Beranda
  • Akademik Dan Informasi
  • Akpar Haus Juara
  • Asian Games 2018
  • beasiswa bidik misi
  • beasiswa bidik misi
  • Beasiswa Pariwisata
  • beasiswa pertiwi
  • beasiswa pertiwi
  • Beasiswa Pertiwi 2021
  • Berita Terbaru
  • Biaya Perkuliahan
  • Contact
  • D3 Perhotelan
  • Daftar 1 Belajar Ber2
  • Farrah
  • Fristi Bellia Annishia
  • Hubungi Kami
  • Hubungi Kampus
  • Info Mahasiswa
  • Informasi PMB
  • jalur beasiswa
  • Jalur Reguler PMB 2018
  • Jalur Reguler PMB 2019
  • Jalur Reguler PMB 2020
  • Kegiatan
  • Kuliah Daring
  • Kursus Singkat
  • Latif
  • LPPM
  • Miftahudin
  • Ministries
  • Muhammad Heykal
  • New Here?
  • News
  • Our Lead Pastor
  • Our Mission
  • Our Story
  • Pendaftaran
  • Pendaftaran AKPAR
  • Pendaftaran Reguler
  • Pertiwi Peduli Pendidikan
  • PMB & Promosi
  • pmb2019
  • Program Beasiswa
  • Program Beasiswa KIP Kuliah
  • Program Studi
  • Program Studi Akpar
  • Program Studi D3 Perhotelan
  • Program Studi D4 Manajemen Acara (MICE)
  • Program Studi D4 Manajemen Perhotelan
  • reguler
  • Rina Ekawati
  • Sample Page
  • Sample Page
  • SEJARAH
  • Sermons
  • STRUKTUR ORGANISASI
  • Suesilowati
  • Tentang Akpar
  • Wisuda 2021
Categories

Archives by Subject:

  • Akademik dan Informasi
  • Berita Terbaru
  • Demo
  • Info PMB & Promosi
  • Joomla
  • jurnal
  • Kegiatan Akademik & Kemahasiswaan
  • Kegiatan yg akan Diadakan
  • Sermon
  • Shortcode
  • Static
  • Uncategorized
Monthly

Archives by Month:

  • December 2021
  • October 2021
  • September 2021
  • August 2021
  • July 2021
  • June 2021
  • April 2021
  • February 2021
  • January 2021
  • December 2020
  • November 2020
  • October 2020
  • September 2020
  • August 2020
  • July 2020
  • June 2020
  • May 2020
  • April 2020
  • March 2020
  • February 2020
  • January 2020
  • November 2019
  • October 2019
  • September 2019
  • August 2019
  • October 2018
  • August 2018
  • July 2018
  • June 2018
  • February 2018
  • January 2018
  • October 2017
  • August 2017
  • June 2017
  • March 2017
  • February 2017
  • November 2016
  • October 2016
  • June 2016
  • March 2016
  • February 2016
  • January 2016
  • November 2015
  • October 2015
  • August 2015
  • June 2015
  • May 2015
  • April 2015
  • January 2015
  • December 2014
  • November 2014
  • October 2014
  • September 2014
  • July 2014
  • June 2014
  • May 2014
  • February 2014
  • January 2014
  • December 2013
  • November 2013
  • October 2013
  • September 2013
  • July 2013
  • June 2013
  • May 2013
  • April 2013
  • March 2013
  • February 2013
  • January 2013
  • Gambaran Umum
  • D3 Perhotelan
  • D4 Manajemen Perhotelan
  • D4 Manajemen Acara “MICE”

Sejarah

Pada tanggal 2 Februari 1999, dibawah naungan Yayasan Pendidikan Pertiwi Global berdirilah Akademi Pariwisata Pertiwi yang telah diakui dan terdaftar di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Lihat Selengkapnya ....

BERITA TERKINI

  • Surat Informasi Pelaksanaan PTMTDecember 1, 2021 - 9:02 am
  • Pengumuman Penerima Beasiswa Pertiwi Gelombang 6 T.A. 2021/22October 29, 2021 - 9:48 am
  • Pengumuman Penerima Beasiswa Pertiwi Gelombang 5 T.A. 2021/22October 29, 2021 - 9:05 am

MAIN MENU

  • Beranda
  • Tentang Kami
  • Program Studi
  • Pendaftaran

LIKE OUR SOCIAL MEDIA

Scroll to top