ASIAN GAMES : Kerjaannya Anak Event AKPAR Pertiwi

D4 MICE AKPAR PERTIWI

Perhelatan ASIAN Games 2018 benar-benar menakjubkan dan membuka mata seluruh masyarakat Indonesia, terutama warga DKI Jakarta dan Palembang. Bagaimana tidak, ditengah hiruk pikuknya suasana politik dengan tensi yang tinggi, hadir sebuah event olahraga atas nama bangsa yang berhasil menyatukan dan membangkitkan sisi nasionalisme.

Euforia ASIAN Games 2018 dimulai dari perjalanan Obor ASIAN Games yang di arak ke seluruh wilayah di Indonesia, masyarakat Indonesia seakan tersentak, bahwa event besar ini akan melibatkan 45 negara dengan lebih 16 ribu atlit dan official yang akan datang. Wow! Terlebih lagi, mata publik semakin terbuka, ketika menyaksikan “Opening Ceremony” yang sangat spektakuler dan luar biasa! Bahkan, euforianya masih terasa hingga hari ini.

Kegiatan Opening Ceremony tersebut memang telah dipersiapkan lebih dari 4 bulan, dengan melibatkatkan 5.000 penari dari puluhan sekolah, ratusan musisi dari berbagai daerah, serta 8.000 personal keamanan. Selain itu, ada pula panggung dengan ukuran 120 meter, lebar 30 meter, serta tinggi 26 meter, gunung dengan berat hingga 600 ton hingga puluhan drone yang diterbangkan di atas langit GBK. Keadaan semakin booming, ketika acara ini disiarkan di televisi nasional dan disaksikan oleh ratusan ribu penonton yang hadir. Lantas, timbul pertanyaan, siapa EO dibelakang layar dari ASIAN Games ini?

Indonesia Asian Games 2018 Organanizing Committee atau disingkat INASGOC, merupakan BLU yang dapat disebut sebagai Event Organizernya. Diketuai oleh Erick Thohir, INASGOC bekerja sama dengan berbagai institusi, mulai dari kementerian, provinsi hingga perusahaan BUMN dan swasta, membuat konsep, mengurus perizinan, menyiapkan talent, berkoordinasi dengan atlit dari negara ASIAN, membuat susunan acara serta proses kreatif dari event ini.