Field Trip AKPAR, Februari 9-12, 2020

Pada tanggal 9-12 Februari kemarin, AKPAR Pertiwi mengadakan kegiatan Field Trip ke Provinsi Jawa Tengah – D.I. Yogyakarta. Bisa dibilang acara ini seperti Outing Class nya siswa/i SMA namun kali ini dilakukan oleh mahasiswa/i AKPAR Pertiwi. Kegiatan Field Trip ini diikuti oleh total 51 mahasiswa/i AKPAR. Bukan tanpa alasan, kegiatan ini diadakan dengan memiliki 9 tujuan, yaitu:

1. penerapan ilmu secara langsung yang di terima para mahasiswa selama pendidikan.
2. perluasan pengalaman mahasiswa tentang obyek,atraksi, dan daya tarik wisata melalui pengalaman langsung.
3. peningkatan pengetahuan mahasiswa dalam kaitan produk-produk wisata.
4. memperluas cakrawala berpikir mahasiswa terhadap kehidupan industri pariwisata umum
5. meneliti masalah yang di hadapi dan akan di hadapi oleh mahasiswa dalam industri pariwisata.
6. mengembangkan daya nalar pada mahasiswa terhadap tantangan dan masalah yang di hadapi sesuai dengan profesi nya kelak.
7. meningkatkan kepekaan para mahasiswa terhadap mahasiswa yang telah di hadapi pemerintah maupun pelaku usaha wisata
8. mengembangkan sikap. pengetahuan dan kecakapan mahasiswa dalam mencari solusi terhadap masalah yg di hadapi
9. meningkatkan kreatifitas, daya inovasi, dan improvisasi mahasiswa dalam upaya pengembangan sikap, pengetahuan, keterampilan yang dimiliki.

Dengan tujuan kegiatan seperti itu, tepat di hari minggu, 9 Februari 2020, mahasiswa/i AKPAR berkumpul di Kampus AKPAR pertiwi untuk berangkat menuju tujuan pertama yaitu ke Gardu Pandang Tieng, tempat sejuk nan dingin menjadi penyemangat peserta yang letih merasakan panasnya ibukota. Setelah puas merasakan kesejukan dan kopi plus tempe kemul yang hangat, kami lanjut ke kompleks Candi Arjuna. Di sini, peserta mempelajari tentang budaya Hindu yang tergambar dari bangunan Candi Arjuna tersebut. Tidak mengenal lelah, perjalanan dilanjutkan ke Kawah Sikidang. Kawah yang bagi sebagian orang dipercaya bisa berpindah tempat ini menawarkan keindahan eksotis nan mengagumkan karena pemandangan yang disajikan cukup instagrammable untuk diabadikan. Dieng Plateau Theater dan Telaga Warna adalah dua destinasi terakhir yang dituju pada hari pertama. Setelah menjalani hari pertama yang begitu menyenangkan, para peserta melepas penat dan beristirahat malam di Prima Inn Hotel di Malioboro.

Di hari ke dua, para peserta melanjutkan Field Trip ke Candi Borobudur. Bangunan yang menjadi tujuh keajaiban dunia tersebut memang menjadi destinasi wajib para turis yang mengunjungi Jawa Tengah- D.I. Yogyakarta.Dan tidak lupa ke Lava Tour Merapi. Tempat yang menakjubkan namun memiliki kisah buruk ketika beberapa tahun silam terjadi erupsi. Terakhir, para peserta melakukan kegiatan inti yaitu Table Manner di  Jambuluwuk Hotel. Hari ke tiga, para peserta bersiap checkout dari hotel dan singgah di toko khas oleh oleh di Yogyakarta sebelum berpulang ke Jakarta. Salah satu peserta atas nama Nabhan Rabbani  sangat menyukai trip ini dikarenakan Yogyakarta adalah kota yang selalu membuat rindu akan suasana dan kuliner nya.

Kami berharap bahwa trip ini dapat menunjukan kondisi pariwisata terkini dan dapat dipelajari secara komprehensif oleh para peserta agar dapat di maksimalkan ketika mereka sudah lulus dari AKPAR Pertiwi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *