Gunung Merapi Field Trip with AKPAR Pertiwi

Jawa Tengah, provinsi yang memiliki banyak pesona alam dan wisata yang indah. Mulai dari pemandangan, budaya, dan kulinernya yang khas. Oleh karena itulah, kali ini para mahasiswa/I melakukan kegiatan field trip ke Jawa Tengah, lebih tepatnya ke area wisata Gunung Merapi.
Mahasiswa/i AKPAR Pertiwi melakukan kegiatan field trip ke Gunung Merapi dengan menggunakan jeep yang bisa memuat hingga 5 penumpang sebagai kendaraan utama untuk menuju area obyek wisata dan melihat dari dekat keadaan alam setelah erupsi hebat pada tahun 2010 lalu. Tampak keadaan masyarakat yang perlahan bangkit, begitu juga lokasi dimana bekas semburan lahar dahsyat itu terjadi. Kini tempat tersebut menjadi obyek wisata yang menghidupkan pariwisata di kaki Gunung Merapi.
Dengan berlatarkan pemandangan alam yang dapat dinikmati dengan udara yang sejuk, para peserta memulai perjalanannya sambil menyusuri lautan pasir sisa erupsi dan sensasi jalan bebatuan yang menemani sepanjang jalan. Para peserta diarahkan untuk meninjau salah satu rumah yang tersisa dan telah dijadikan museum yang menjadi saksi bisu dahsyatnya letusan Gunung Merapi.
Melalui perkampungan yang asri, para peserta melanutkan perjalanannya menuju perkampungan warga yang sudah tertimbun tanah dan bebatuan yang mana salah satunya terdapat sebuah batu yang dinamai warga sebagai batu alien.
Perjalanan dilanjutkan dengan berkunjung ke Bunker Kaliadem yang dibangun sebagai tempat perlindungan saat terjadi erupsi dan juga untuk memantau aktifitas Gunung Merapi. Bunker tersebut dibuat dari beton setebal 25 cm dan pintu yang terbuat dari besi. Bunker ini menjadi saksi bisu dimana 2 relawan meninggal karena suhu panas yang mana seorang relawan ditemukan tewas berendam dalam bak mandi, sedangkan lainnya tewas didepan pintu besi dikarenakan adanya material panas dengan suhu 1000 derajat Celcius. Walaupun Kini bunker tersebut sudah dibersihkan dan dicat putih, di depan pintu bunker terdapat prasasti mengisahkan riwayat bunker tersebut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *