Re-Akreditasi Akpar Pertiwi Kerja Besar – Kerja Bareng

Tanggal 27-29 September 2018 lalu adalah hari yang menentukan bagi Akpar Pertiwi. Bagaimana tidak? Pada tanggal tersebut, Re-Akreditasi Program Studi D3 Perhotelan dilaksanakan setelah 5 tahun lalu. BAN-PT menjadwalkan asesor untuk melakukan visitasi ke kampus Akpar Pertiwi guna melihat keadaan sebenarnya dalam dinamika kehidupan akademik dan kemahasiswaan. Kegiatan visitasi re-akreditasi itu sendiri merupakan proses yang kedua setelah borang 3A dan 3B diterima oleh BAN-PT yang saat ini sudah dilaksanakan secara online melalui SAPTO.

 

Asesor yang ditunjuk oleh BAN-PT tentu merupakan asesor professional yang memiliki keilmuan dan juga berpengalaman yakni, yakni Maftucha, Dipl.Hot., SE., M.Par. dari Sekolah Tinggi Pariwisata Satya Widya dan Bapak Aceng Gima Sugiama, Dr. SE.,MP dari Politeknik Negeri Bandung.

 

Dalam proses pelaksanaan akreditasi, struktural Akpar Pertiwi bekerja secara full team dibawah supervisi dari Mr. Arif selaku Vice President Yayasan Pendidikan Pertiwi Global yang juga menjabat sebagai Kepala SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) selama 1 tahun belakangan. Dibawah arahan beliau, tim Akpar Pertiwi bekerja mempersiapkan lampiran satu per satu mulai dari Standar 1 hingga Standar 7.

 

Selain itu, pengecekan fisik gedung dan peralatan juga menjadi salah satu point penilaian. Oleh karenanya, seluruh dosen praktek terkait turut terlibat dan aktif, seperti Mr. Rochanda sebagai kepala Lab. F&B, Mr. Santo sebagai Kepala Lab. Front Office & Housekeeping, Ms. Saleha sebagai Kepala Lab. Pastry, Mr. Slamet sebagai Kepala Lab. Bar dan Mr. Zarkasih sebagai Kepala seluruh Lab. Dosen tersebut bertugas menyiapkan dan mendekorasi Lab agar terlihat rapih, bersih dan nyaman dibantu oleh mahasiswa semester 3.

 

Rangkaian acara visitasi terbagi beberapa bagian, yakni pengecekan dokumen borang 3A dan 3B dengan bukti lampiran, lalu wawancara dengan beberapa narasumber, seperti dosen, mahasiswa dan alumni, tinjauan fisik ke fasilitas, seperti ruang komputer, perpustakaan, ruang kelas, ruang dosen hingga ruang struktural Akpar Pertiwi. Dan tentunya pengecekan standar peralatan yang dimiliki oleh setiap lab yang ada. Selain itu, Pak Gima juga bertemu dengan Pembina YYPG, yakni Bapak Suharsono dan meninjau pembangunan lab Akpar Pertiwi yang baru. Dalam setiap kunjungannya, asesor selalu memberikan arahan dan bimbingan yang membangun dan bermanfaat tentunya.

Kegiatan visitasi berakhir dengan penyerahan bukti berupa berita acara visitasi re-akreditasi dan penyerahan dokumen pelengkap yang ditandatangani oleh Asesor, Direktur Akpar Pertiwi, Ibu Rina dan Kepala Program Studi, Ibu Farrah. Setelah penandatanganan berita acara tersebut, visitasi re-akreditasi ditutup dengan ramah tamah dan berfoto bersama.

Terkahir, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Asesor, Bapak Gima dan Ibu Maftucha serta kepada seluruh pihak yang terkait dalam visitasi re-akreditas Akpar Pertiwi. Semoga kebaikan Bapak dan Ibu dibalas dengan kesehatan, rezeki yang berlimpah serta kedamaian batin. Bravo!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *