Jurnal Vol 5 No 2 Juli 2012

Jurnal Pesona Volume 5, No.2 – Juli 2012
 
ISSN: 2086-9037
 
 
 
PENTINGNYA KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI PETUGAS CONCIERGE TERHADAP KELANCARAN OPERASIONAL
 
DI HOTEL INNA GARUDA YOGYA
 
 
 
Ekawati
 
Jonathan
 
Akademi Pariwisata Pertiwi
 
Jl. Dewi Sartika, Kav 2-3, Cililitan, Jakarta Timur
 
 
 
Abstrac
 
The development of tourism in Indonesia that growing has big influence on the hospitality sector that is engaged infrastructure services. The purpose of this paper is how the influence of ability communication of an officer concierge against operational in concierge section. The methodused inthisresearchisdescriptivequantitativemethod, by telling, analyze and solverealproblemsin the world ofhospitalityas aresultofthe actualdata obtained. Todeterminethe relationshipof communicationvariablesandoperationalvariables, thePearsoncorrelation analysis(Sarwono, 2005)with acorrelation valueisbetween0-1. Resultsofthis analysisshowsthat theabilityto communicatehasa verysignificantimpacton the smoothoperationandhasa positive relation andverystrong.
 
 
 
Key Word: Communication, Concierge, operational, hotel
 
 
 
Abstrak
 
Perkembangan pariwisata di Indonesia yang terus meningkat berpengaruh besar terhadap sektor perhotelan yang bergerak di bidang jasa prasarana. Tujuan dari penulisan ini adalah pengaruh kemampuan berkomunikasi seorang petugas concierg terhadap kelancaran operasional di concierge section. Metode penulisan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif kuantitatif, yaitu dengan menuturkan, menganalisa dan memecahkan masalah yang nyata dalam dunia perhotelan sebagai hasil dari data yang didapatkan sebenarnya. Untuk mengetahui keeratan hubungan variable komunikasi dan variable operasional, maka digunakan analisa korelasi Pearson (Sarwono, 2005) dengan nilai korelasi adalah antara 0 – 1. Hasil dari analisis menunjukkan  bahwa kemampuan berkomunikasi memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap kelancaran operasional dan memiliki hubungan yang positif dan sangat kuat. 
 
 
 
Kata Kunci: Komunikasi, Concierge, operasional, hotel
 
 
 
MASALAH DAN SOLUSI DALAM PENGELOLAAN SUPPLY LINEN TERHADAP PRODUKTIVITAS ROOM ATTENDANT DI HOTEL GRAND MILLENIUM KUALA LUMPUR
 
 
 
Nanik Kartika
 
Wendri
 
Akademi Pariwisata Pertiwi
 
Jl. Dewi Sartika Kav 2& 3 Cililitan, Jakarta Timur
 
 
 
Abstract
 
The aim of this study isto(1) To knowthe effortsthatcan be donetoovercomethe obstaclesin the management oflinenand(2) Toprovidea solution to theproblemsexistingin the managementwhattolinenroomattendant. This study is aqualitative researchapproachusingdescriptions throughinterviews, observationandLibraryStudiesMethods(Literature Review). Based on theresults ofthe studyshowedthat theresults ofthe interview, the obstacles encounteredin the management oflinenatHotelGrandMillenniumKualaLumpurincludethe number ofworkersin thelinensectionstill lacking, manywhose conditionlinenOutOfOrder, laundrymachinedamageas well asa lack of goodwaterandcausedulllinenandchemicalspeciesthat are lessgood.
 
 
 
Key words: Housekeeping, room-boy, room-maid, laundry, linen, productivity
 
 
 
Abstrak
 
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala dalam pengelolaan linen dan (2) Untuk memberikan solusi atas kendala apa yang ada dalam pengelolan linen untuk room attendant. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskripsi melalui pendekatan wawancara, observasi dan Metode Studi Pustaka (Literature Review). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil interview, kendala yang dihadapi dalam pengelolaan linen di Hotel Grand Millenium Kuala Lumpur diantaranya jumlah tenaga di linen section masih kurang, banyaknya linen yang kondisinya Out Of Order, kerusakan mesin laundry serta air yang kurang bagus dan menyebabkan linen kusam serta jenis chemical yang kurang baik.
 
 
 
Kata Kunci: Housekeeping, room-boy, room-maid, laundry, linen, produktivitas
 
 
 
PENGARUH MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA DI HOTEL SARI PAN PACIFIC JAKARTA
 
 
 
Rina Ekawati
 
Mareta Devi Nur’aini
 
Akademi Pariwisata Pertiwi
 
Jl. Dewi Sartika Kav 2& 3 Cililitan, Jakarta Timur
 
 
 
Abstract
 
The aims of this study is to (1) analyze the relationship of motivation on employee performance in Hotel Sari Pan Pacific Jakarta, (2) to analyze the relationship satisfaction on employee performance in Hotel Sari Pan Pacific Jakarta, and (3) to analyze the relationship between motivation and job satisfaction on employee performance at Sari Pan Pacific Jakarta. This research is quantitative research using diskrptif with data collection techniques. The results showed that (1) Motivation positive and significant impact on the performance of employees, (2) satisfaction is positive and significant impact on the performance of employees, and (3) Motivation and Job Satisfaction on Employee Performance and significant positive effect on employee performance.
 
 
 
Key words: Motivation, satisfaction, and perfomance
 
 
 
Abstrak
 
Penelitian ini bertujuan untuk ­( 1 ) Menganalisis hubungan motivasi terhadap kinerja karyawan di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta, ( 2 ) Menganalisis hubungan kepuasan terhadap kinerja karyawan di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta, dan ( 3 ) Menganalisis hubungan antara motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode diskrptif dengan teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, (2) Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dan (3) Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.
 
 
 
Kata Kunci: Motivasi, Kepuasan, dan Kinerja
 
 
 
PROGRAM PEMBERDAYAAN WANITA PEMBATIK DI DESA KEBON, KECAMATAN BAYAT, KABUPATEN KLATEN, PROPINSI JAWA TENGAH SEBAGAI DESA WISATA BATIK
 
 
 
Achmad Akasyah Alhabsyi
 
Rima Nouvidya Kesuma
 
Akademi Pariwisata Pertiwi
 
Jl. Dewi Sartika Kav. 2 & 3 Cililitan Jakarta Timur
 
 
 
Abstract
 
Batik as a cultural heritage has become an icon of a proud nation of Indonesia. Batik usage across generations has helped small and medium businesses to create and innovate in order to maintain its existence as well as the economy is expected to be a positive impact on the economic development of the people, which in turn can provide benefits to the artisans and batik producers. Including empowering women how to do batik in villages producing batik.
 
Program also received support from the International Institute not only promote batik as a village local products, but also evokes other sectors namely tourism sector. To see the extent to which women’s empowerment program batik in a village that has the potential to become a tourism village then conducted research with the aim to determine the potential of women in the village of batik Kebun, knowing the strategy of empowering women in the village Kebun and determine the contribution of women to the development of batik village tourism Kebun . Where the final outcome of this study is expected to be a useful reference for the development of Batik Village Kebun and Kebun Indah in particular, as well as an inspiration to all Indonesian women to continue working and efficient and contribute to the economic progress of the nation. Implementation of research activities conducted in the Village Kebun, District Bayat, Klaten regency, Central Java, during the three months between June and August 2012
 
 
 
Key words: Batik, economi
 
 
 
Abstrak
 
Batik sebagai warisan budaya telah menjadi ikon yang membanggakan bangsa Indonesia. Pemakaian batik yang lintas generasi telah membantu usaha kecil menengah untuk berkreasi dan berinovasi dalam rangka mempertahankan eksistensinya sekaligus diharapkan secara ekonomi dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi rakyat yang pada akhirnya dapat memberi keuntungan bagi para pengrajin dan produsen batik.Berbagai cara dilakukan termasuk memberdayakan wanita pembatik di desa-desa penghasil batik.
 
Program yang juga mendapatkan bantuan dari Lembaga Internasional bukan hanya memajukan batik sebagai produk lokal sebuah desa, tetapi juga membangkitkan sektor lain yaitu sektor Pariwisata. Untuk melihat sejauh mana program pemberdayaan wanita pembatik di sebuah desa yang memiliki potensi untuk menjadi Desa Wisata maka penelitian dilakukan dengan tujuan  untuk mengetahui potensi wanita pembatik di Desa Kebon, mengetahui strategi pemberdayaan wanita di Desa Kebon dan mengetahui kontribusi wanita pembatik terhadap perkembangan pariwisata di Desa Kebon. Dimana hasil akhir penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan yang bermanfaat bagi perkembangan Desa Kebon dan Batik Kebon Indah khususnya, serta menjadi inspirasi bagi seluruh wanita Indonesia untuk terus berkarya dan berdaya guna serta berkontribusi pada kemajuan perekonomian bangsa. Pelaksanaan kegiatan penelitian dilakukan di Desa Kebon, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Propinsi Jawa Tengah, selama tiga bulan antara bulan Juni sampai Agustus 2012.
 
 
 
Kata Kunci: Batik dan ekonomi
 
 
 
PERANAN CHEF DE PARTIE DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MAKANAN PANAS DI FIESTA KITCHEN SARI PAN PACIFIC HOTEL JAKARTA
 
 
 
R.Taufik Hidayat
 
Rollys Fernando
 
Akademi Pariwisata Pertiwi
 
Jl. Dewi Sartika Kav. 2 & 3 Cililitan Jakarta Timur
 
 
 
Abstract
 
The aim of this study isto (1) expand and add work experience in the field of hospitality, especially in the kitchen for the benefit of the author. (2) Want to know how much role to play especially in the kitchen preparing food in the kitchen hot in Sari Pan Pacific Hotel Jakarta (3) by writing this final report the authors know the duties and responsibilities that are given at the time of entering the industry, in order to become a good human resources and competence for the industry (4) knowing the direct professional chefs working in the kitchen to play in making and serving food satisfactory heat (5) As one of the requirements to complete a degree education Associate Expert on Earth Tourism Academy. This study is a qualitative study using a descriptive method approach through observation, library research and interviews. The results showed that: (1) perananan a Chef De Partie it is essential for the smooth operations of the kitchen. In addition, his responsibilities is wide, not limited to supervise other kitchen staff and operations but also help other kitchen staff when conditions are crowded kitchen orders (2) Role of a Chef De Partie very influential in improving the quality of food. It is characterized by Chef De Partie who supervise food ranging from foodstuffs coming from suppliers, storing food in storage until the use and processing of foodstuffs.
 
 
Keywords: Roles, Quality
 
 
 
Abstrak
 
Penelitian ini bertujuan untuk (1)Memperluas dan menambah pengalaman kerja di bidang perhotelan, khususnya di kitchen yang bermanfaat bagi  penulis.(2)Ingin mengetahui seberapa jauh peranan kitchen khususnya di main kitchen dalam mengolah makanan panas di Sari Pan Pacific Hotel Jakarta(3)Dengan menulis laporan tugas akhir ini penulis mengetahui tugas dan tanggung jawab yang diberikan pada saat memasuki dunia industri, guna menjadi sumber daya manusia yang baik dan berkompeten untuk industri(4)Mengetahui secara langsung profesional kerja para juru masak di main kitchen dalam membuat serta menyajikan makanan panas yang memuaskan(5)Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan mendapatkan gelar Ahli Madya di Akademi Pariwisata Pertiwi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dengan melalui pendekatan observasi, penelitian perpustakaan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perananan seorang Chef De Partie sangatlah penting bagi kelancaran operasional kitchen. Selain itu, tanggung jawabnya pun sangat luas, tidak sebatas mengawasi para staff kitchen lain dan operasionalnya tetapi juga membantu staff kitchen lain disaat keadaan kitchen sedang ramai orderan (2)Peranan seorang Chef De Partie sangat berpengaruh dalam meningkatkan kualitas makanan. Ini ditandai dengan Chef De Partie lah yang melakukan pengawasan bahan makanan mulai dari datangnya bahan makanan dari suplier, penyimpanan bahan makanan di tempat penyimpanan sampai penggunaan dan pengolahan bahan makanan.
 
 
 
Kata Kunci: Peranan, Kualitas
 
 
 
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *