Sesuai dengan perkembangan dunia kepariwisataan dan animo masyarakat terhadap pendidikan tinggi kepariwisataan maka Yayasan Pendidikan Pertiwi yang kini telah berubah nama menjadi Yayasan Pendidikan Pertiwi Global berinisiatif  untuk mendirikan Akademi PariwisataPertiwi  pada tanggal 2 Februari 1999 dan telah diakui dan terdaftar di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sesuai denganijin penyelenggaraan pendidikan Akademi Pariwisata Pertiwi dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 80/D/O/1999 tanggal 8 April 1999.

Ijin penyelenggaraan pendidikan Akademi Pariwisata Pertiwi diperbarui setiap empat tahun sekali. Ijin operasional yang sedang berlaku sekarang sesuai Surat Koordinator Kopertis Wilayah III atas nama Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor: 8906/D/T/K-III/2011 tanggal 29 September 2011 berlaku sampai dengan 12 Oktober 2014. AKPAR Pertiwi juga telah memperoleh akreditasi B Untuk Bidang studi Pariwisata dan Perhotelan (SK.No.:155/SK/BAN-PT/Ak.XIII/ Dpl.III/VI/2013).

Pelaksanakan perkuliahan semula diadakan di Kampus Utama Jl. Dewi Sartika Kav. 2-3, Jakarta dengan perkembangan yang cukup signifikan manajemen membuka Kampus Koja, di Jl. Menteng No.76, Lagoa.Koja, Tanjung Priok, Jakarta Utara Saat ini AKPAR Pertiwi sedang dalam penjajakan untuk membuka kampus untuk kursus-kursus singkat di Karawang, Jl. Kerta Bumi No. 1 & 2, Kawarang, Jawa Barat. Dengan perkembangan tersebut AKPAR Pertiwi dengan cepat telah meluluskan ribuan lulusan yang profesional dibidang perhotelan yang telah langsung diserap di dunia kerja.

Untuk memenuhi permintaan masyarakat dan pengguna lulusan, AKPAR Pertiwi membuka Program 1 tahun di bidang Perhotelan dan Floating Hotel (Kapal Pesiar).

Sesuai dengan peraturan pemerintah bahwa seluruh perguruan tinggi termasuk program diploma harus terakreditas, Alhamdulillah AKPAR Pertiwi pada saat artikel sejarah ini ditulis telah mengajukan akreditasi tinggal menunggu proses finalisasi hasil, kami berkeyakinan akan mendapat hasil yang baik. Hal ini akan terwujud karena manajemen AKPAR Pertiwi dan Yayasan telah bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Untuk itu kami meyakini bahwa kiprah AKPAR Pertiwi akan memberikan kontribusi yang positif didalam mempersiapkan sumber daya manusia muda Indonesia yang mempunyai kemampuan hardskill dan softskill dalam bidang kepariwisataan pada umumnya dan Perhotelan pada khususnya, yang pada akhirnya dapat mendukung program pemerintah untuk meningkatkan tingkat pendidikan masyarakatnya agar dapat bersaing dan sejajar dengan negara-negara dunia lainnya yang lebih maju.

logo pertiwi