AUDIENSI MAHASISWA AKPAR PERTIWI DENGAN KOMISI X DPR RI

Peranan Komisi X DPR RI Dalam Memajukan Pariwisata Indonesia

Shock! Itulah satu kata yang mungkin terlintas dari benak mahasiswa semester 3, baik pagi maupun malam, ketika mendapatkan jawaban dari DPR RI Komisi X tentang niatannya audiensi yang direspon positif. Bagaimana tidak, surat yang dilayangkan pada hari Kamis, 18 Januari 2018, mendapatkan balasan langsung pada keesokan harinya, Jumat, 19 Januari 2018. Isinya adalah, Mahasiswa Akpar Pertiwi diterima dan akan ditemui langusng oleh Wakil Ketua Komisi X. Luar Biasa! Tentu ini adalah hak yang istimewa. DPR RI dengan segala agenda jadwalnya yang pada merayap, tentu merespon surat dengan cepat aalah suatu hal yang luar biasa. Oleh karenanya, dalam kunjungan ini, mahasiswa Akpar Pertiwi tidak akan melewatkannya begitu saja. Dan ini terbukti dari persiapan yang dilakukan.

Berangkat pada pukul 08.00 pagi dari Kampus Cililitan dengan menggunakan kendaraan oniline, mahasiswa begitu antusias. Dengan menggunakan seragam yang rapih dan penampinan yang kece, mahasiswa Akpar Pertiwi terlihat seperti calon anggota DPR RI di masa depan. Setibanya di Gedung DPR RI, mahasiswa menuju Gedung Nusantara I, ke lantai 3, dan disambut oleh Fraksi PKS Komisi X. Disana, sudah ada Pak Rosandi dan Bu Susi selalu dosen dari Akpar Pertiwi yang juga tenaga ahli Komisi X.

Acara dimulai dengan sambutan dari PLT Direktur Akpar Pertiwi dan disambung oleh Wadir III Bidang Kemahasiswaan, yakni Bpk. Muhammad Heykal. Sebagi selingan, mahasiswa juga menyanyikan yel-yel ala Akpar Pertiwi. Setelah itu, kemudian pemaparan dari Bapak Andi Sholahuddin, mantan Anggota DPR 2004-2009 yang saat ini menjabat Tenaga Ahli Komisi X. Lalu pembicara 2 yang juga bertindak sebagai moderator adalah Bapak Firmansyah yang menjabat sebagi tenaga ahli Komisi X yang juga merupakan dosen di Unpad.

Dalam pemaparannya, keduanya menyampaikan tentang bagaimana Indonesia merupakan negara yang indah, kaya budaya dan luas, tetapi pengelolaan pariwisatanya, masih belum optimal. Padahal saat ini, pariwisata sudah menjadi penyumbang desivi ke 4 terbesar dibawah minyak bumi, batu bara dan sawit. Bahkan sudah menjadi yang ke 2 di tahun 2018 ini. Namun sejumlah permasalahan masih saja ditemui, seperti akses, penginapan hingga kebersihan. Sejumlah pertanyaan pun banyak disampaikan oleh mahasiswa, seperti dari Aldi yang bertanya tentang, mengapa dan bagaimana prospek untuk wisata halal di Indonesia.

Selepas makan siang, Wakil Ketua Komisi X pun tiba, yakni Bapak Dr. Adul Fikri Faqih MM. Beliau menyambuat dan memberikan pemaparan terkait hubungan antara pendidikan di perguruan tinggi dengan pariwisata Indonesia. Sebagai wakil Ketua DPR RI Komisi X, tentu data yang disajikan sangat menarik dan membuka pikiran para mahasiswa. Tak terasa, selama 1 jam beliau memberikan pemaparan, maka berakhir sesi audiensi ini. Acara terakhir dilakukan dengan penukaran cinderamata serta foto Bersama.

Selepas shalat Dzuhur, mahasiswa diajak menuju museum DPR dan Gedung Rapat Paripurna. Walaupun sempat terkendala adanya gempa yang menggunjang Banten sehingga berdampak ke Jakarta, namun acara masih tetap bisa dilaksanakan. Di museum, mahasiswa didampingi oleh Kepala Museum, yakni Bapak Teddy. Beliau memberikan penjelasan terkait sejarah pendirian gedung DPR dan sejarah kemerdekaan RI dari sisi organisasi yang menjadi cikal bakal DPR RI. Banyak foto yang terpampang disana yang tidak dimengerti, namun setelah dijelaskan, barulah para mahasiswa bisa mengerti. Di dalam museum, para mahasiswa bebas mengamil foto dan video, yang tidak boleh adalah memegangnya. Puas berada di museum, para mahasiswa diajak oleh Pak Teddy menuju ruangan Rapat Paripurna. Disinilah tempat dimana president Indonesia dilantik. Gedung yang memiiki nilai sejarah yang luar biasa bagi bangsa Indonesia.

Tak terasa, waktu sudah menunjukkan pukul 15.30, sudah sore dan saatnya pulang. Tapi sebelum pulang, selfie dulu. Dahhhh… 😀

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *