Jurnal Pesona Hospitality Vol. 8, No. 1. Januari 2015

Loyalitas dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Di Apartemen Senayan Residence

 

Anisatul Auliya

Ghassan Revanda Afrizal

Akademi Pariwisata ( AKPAR) Pertiwi

Jl. Dewi Sartika, Kav 2-3, Cililitan, Jakarta Timur

Email : revanpilot@rocketmail.com

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh loyalitas dan disiplin terhadap kinerja kerja Senayan Apartment Residence terletak di Jl. Patal Senayan I / 5 – Jakarta 12210 Pada 29 Oktober 2014 hingga 1 Oktober 2015. Metode yang digunakan adalah observasi dan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 karyawan Senayan Apartment Residence dengan menggunakan metode purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah bentuk kuesioner skala Likert dengan nilai kategori 1-5. Validitas menggunakan Pearson teknik korelasi Product Moment, sedangkan dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach keandalan. Dari hasil perhitungan diperoleh untuk 0,961 (loyalitas), 0,873 (disiplin) dan 0,917 (kinerja). Dengan demikian ketiga variabel tersebut adalah realible sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan analisis regresi linier berganda adalah Y = b1x1 + b2X2 + e, Y = 0.170X1 + 0.215X2 + e. R-square nilai 0082 atau 8,2%. Hal ini menunjukkan bahwa pencapaian karyawan karyawan Senayan Residence Apartment dipengaruhi oleh 8,2% oleh dua variabel yang mencakup loyalitas dan disiplin kerja, sedangkan 92% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar dua variabel.

 

Kata kunci: Loyalitas, Disiplin dan Prestasi Kerja

Penerapan Standar Operasional Prosedur Hygiene Teknik Pengolahan Makanandi Hot Kitchen Park Hotel Jakarta

 

Farrah

Yonathan Arie Setiawan

Akademi Pariwisata ( AKPAR) Pertiwi

Jl. Dewi Sartika, Kav 2-3, Cililitan, Jakarta Timur

Email : joenatan_arie@yahoo.com

Abstrak

Penelitian ini adalah tentang bagaimana Penerapan Hygiene dan Sanitasi perlu untuk memasukkan aplikasi prosedur operasi standar ke dalam teknik kebersihan pengolahan makanan di Departemen dapur, peralatan dapur, staf dapur. Selain itu juga untuk penerapan prinsip-prinsip kebersihan makanan karena dapur adalah untuk memasak makan, untuk itu masak bertugas harus benar-benar memperhatikan semuanya akan dilakukan dan dihasilkan, sehingga semuanya dijual ke tamu dalam bentuk makanan adalah hasil dari pilihan dan kualitas yang baik diproses.

 

Kata kunci: Penerapan, Standar Operasional Prosedur, Kebersihan, Sanitasi

Tinjauan Tentang PelaksanaanStandard Operating ProcedurePada DepartemenHousekeepingUntuk Meningkatkan Mutu Pelayanan KamarDi Grand Hyatt HotelJakarta

 

Fristi Bellia Annishia

Vinny Stepvani

Akademi Pariwisata (AKPAR) Pertiwi

Jl. Dewi Sartika, Kav 2-3, Cililitan, Jakarta Timur

Abstrak

Housekeeping adalah salah satu bagian di hotel yang fungsinya menanganimasalah kerumahtanggaan hotel,yaitu menyiapkan kamar yang akan disewapara tamu,meliputi perlengkapan dan kebersihannya serta bertanggungjawab atas kebersihanseluruh lingkungan rumah tangga hotel,kecuali bagian dapur.

Room attendant mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sangat penting dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan kamar tamu,Standard operating prosedure di Hotel Grand Hyatt Jakarta sangat dibutuhkan dalam meningkatkan mutu pelayanan kamar. Para Room Attendant Grand Hyatt telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan, selainitu, seorang room attendant selalu profesional dan menciptakan suasana kerja yang nyaman agar terciptanya kepuasan tamu yang menginap.

 

Kata kunci: Housekeeping, Standard Operation Procedure, Room Attendant, Room Service

Dampak Limbah Restoran X Terhadap Kesehatan Masyarakat

 

M.Heykal

Amalia

Akademi Pariwisata (AKPAR) Pertiwi

Jl. Dewi Sartika, Kav 2-3, Cililitan, Jakarta Timur

Email: dindaamalia250892@ymail.com

Abstrak

Limbah restoran merupakan salah satu masalah bagi suatu wilayah. Penelitian dengan pendekatan kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak yang ditimbulkan oleh limbah restoran x terhadap kesehatan masyarakat.Penelitianberupa studi kasus ini dilakukan di RT 004 / RW 005Kelurahan Rawamangun Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur selama bulan Juli – Agustus 2015. Lokasi ini dipilih karena dekat dan mengalami dampak langsung dari sampah restoran.Berdasarkan hasil studi sebelumnya, terdapat beberapa dampak sampah yang mempengaruhi kesehatan masyarakat. Informasi mengenai dampak sampah restoranterhadap kesehatan masyarakat didapatkan dari hasil wawancara kepada 15 (lima belas) orang narasumber. 2 (dua) orang narasumber diwawancarai secara mendalam karena berlatar belakang sebagai petugas kebersihan yang telah berkecimpung di dinas kebersihan lebih dari 10 tahun.Hasil penelitian menunjukan bahwa sampah restoran x tidak memiliki pengaruh terhadap kesehatan masyarakat.

 

Kata kunci: limbah restoran, kesehatan masyarakat, Rawamangun

Perencanaan Pengembangan Tapak Wisata Berbasis Lingkungan Dalam Menunjang Kebutuhan Pengunjung Di Situ Cipondoh Tangerang

 

Widuri

widurialghozali@yahoo.co.id

Abstrak

Situ Cipondoh adalah salah satu destinasi berkembang di Kota Tangerang. Terletak di Jl. Raya KH. Hasyim Ashari. Tidak hanya pengunjung lokal tetapi dengan orang-orang yang menyeberang jalan ini juga tertarik untuk singgah. Situ Cipondoh merupakan daerah untuk rekreasi, pelestarian dan konservasi dan itu akan menjadi cirri khas dari Tangerang. Untuk masa depan diperlukan perencanaan yang baik, yang tidak hanya spontan dan pembangunan tidak merusak fungsi utama dari Danau tetapi dapat membuat kebutuhan pengunjung terpenuhi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menggunakan korelasi dan regresi berganda. Dari penelitian ini diketahui bahwa pengaruh rencana situs untuk memenuhi kebutuhan pengunjung adalah 0,490 dengan R square adalah 0.240 sehingga signifikan tetapi rendah dan diketahui bahwa tidak semua variabel x memiliki pengaruh untuk membuat  kebutuhan pengunjung terpenuhi, variabel X2 (Pemanfaatan Ruang), X5 (lansekap) dan X6 (Sirkulasi) yang memiliki pengaruh untuk memenuhi yang dibutuhkan pengunjung. Ringkasan dari penelitian ini adalah rencana situs yang pola zonanya seperti berikut ini: zona 1: Parkir daerah, zona 2: public area, zona 3: F & B service area, zona 4: Lokasi Games. Manajemen dapat meningkatkan sarana dan prasarana dengan perencanaan yang baik sehingga dapat memenuhi yang dibutuhkan oleh pengunjung. Membuat tanda/petunjuk, sirkulasi mobil, sirkulasi sepeda motor, dan banyak cara lagi. Hal ini dapat membuat penurunan nitrogen di danau. Untuk membuat rencana, diperlukan koordinasi dengan semua sektor (sektor swasta dan pemerintah) karena daerah ini merupakan kawasan konservasi, sehingga rencana tersebut mencakup banyak latar belakang pengetahuan dan diperlukan program kemitraan yang baik untuk mencapai tujuan.

 

Kata kunci: Perencanaan, rencana situs, dan pengunjung yang dibutuhkan.

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *