Jurnal Pesona Hospitality Vol. 7, No. 2. Juli 2014

PENTINGNYA RAGI UNTUK MENGHASILKAN ROTI BERKUALITAS TINGGI DI SHERATON MEDIA HOTEL AND TOWERS

 

Anisatul Auliya

Enny Sri Dwi Fransiska

Akademi Pariwisata (AKPAR) Pertiwi

Jl. Dewi Sartika, Kav 2-3, Cililitan, Jakarta Timur

Abstrak

Hotel merupakan penghasil devisa Negara, hotel sendiri memiliki beberapa departemen salah satunya adalah pastry dan bakery. Pastry dan bakery departemen bertanggung jawab pada pembuatan kue dan roti. Untuk menghasilkan roti yang berkualitas dilihat dari bahan-bahan dan cara pembuatan yang digunakan untuk membuat roti, bahan-bahan ini merupakan inti utama dari pembuatan roti salah satunya adalah ragi. Ragi yang berkualitas baik maka akan memberikan hasil roti yang berkualitas baik juga. Untuk menghasilkan roti yang berkualitas dilihat dari bahan-bahan yang digunakan, tahap-tahap cara pembuatan, takaran bahan secara teliti dan kebersihan alat-alat yang digunakan untuk membuat roti. Ragi mempunyai cara penyimpanan yang berbeda sesuai dengan jenisnya, jika ragi padat seperti ragi basah (fresh yeast) maka penyimpanannya harus di freezer atau di chiller karena ragi basah sensitif terhadap udara lembab seperti iklim tropis di Indonesia, sedangkan ragi kering cara penyimpanan lebih mudah, ragi kering dapat disimpan pada suhu ruangan

 

Kata Kunci: Hotel, Ragi, Roti dan Kue

PENGARUHKINERJAROOM ATTENDANTDALAMPENINGKATANKUALITAS KAMAR

DI HOTEL SANTIKA PREMIEREJAKARTA

 

Farrah

Beni Fuad

Akademi Pariwisata (AKPAR) Pertiwi

Jl. Dewi Sartika Kav.2-3, Cililitan, Jakarta Timur, (021) 8090474

Abstrak

Cara pembersihan kamar di hotel harus selalu diperhatikan oleh room attendant dalam meningkatan kualitas kamar di Hotel Santika Premiere. Di sisi lain room attendant sangat berpengaruh  terhadap kebersihan di dalam kamar hotel, oleh karena itu room attendant adalah petugas  atau ujung tombak hotel dalam membersihkan area hotel dan membersihkan kamar tamu hotel. Bagaimana kinerja room attendant dalam meningkatkan kualitas kamar dihotel Santika Premiere Jakarta. Ilmiah yang dipakai dalam metode ini adalah kuantitatif dan ukuran yang dipakai adalah skala Likert. Room attendant di hotel Santika Premiere Jakarta mampu berkomunikasi, memberikan wajah ceria ketika memberikan pelayanan terhadap para tamu. Persamaan regresi linear sederhana yang diperoleh adalah Y =   15,945 + 0,78X. Artinya tanpa adanya kinerja room attendant, maka nilai dari peningkatan kualitas kamar adalah 15, 945 dan Koefisien korelasi yang diperoleh adalah 0,524. Hotel Santika Premiere Jakarta membuat  aturan secara konkrit misalnya dituangkan berupa tulisan. Evaluasi kinerja room attendant selalu dilakukan dengan merumuskan indikator yang tepat oleh pihak hotel dan tenaga professional.

 

Kata Kunci: hotel, kinerja, petugas kamar

PROSEDUR PENGADAAN DAN PENYIMPANAN BAHAN MAKANAN DI THE MEDIA HOTEL & TOWERS

 

Fristi Bellia Annishia

Syarifuddin Mahmud

Akademi Pariwisata (AKPAR) Pertiwi

Jl. Dewi Sartika, Kav 2-3, Cililitan, Jakarta Timur

Abstrak

Dalam penulisan Tugas Akhir ini penulis melakukan penelitian pada The Media Hotel And Towers. The Media Hotel And Towers  merupakan salah satu hotel berbintang lima yang berada di Jakarta Utara. Dalam membuat produk makanan bagi para tamu hotel mengharapkan kepuasan baik dalam hal penyajian maupun kualitas bahan, cara pengadaaan dan penyimpanan bahan makanan sangatlah diperhatikan oleh bagian purchasing dan storeroom. Dimulai saat pembelian makanan sampai penyimpanan makanan dilakukan sesuai prosedur yang ada agar menghasilkan bahan makanan yang baik untuk di olah menjadi makanan yang lezat.  Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 25 juli 2012 – 31 januari 2013 di The Media Hotel And Towers. Penelitian ini mengambil tentang Prosedur pengadaan dan penyimpanan bahan makanan di The Media Hotel And Towers. Data di ambil secara langsung ke hotel selama menjalani training atau praktek kerja lapangan selama 6 bulan.

 

Kata Kunci: Pengaruh penerapan standard operating procedure terhadap kepuasan pelanggan

TINJAUAN TENTANG HYGIENE SANITASI DALAM MENJAGA MUTU MAKANAN DI MAIN KITCHEN HOTEL SARI PAN PASIFIC JAKARTA

 

Nanik Kartika

Muchlis

Akademi Pariwisata (AKPAR) Pertiwi

Jl. Dewi Sartika Kav 2 & 3 Cililitan Jakarta 13640, Telp. 021-8090474

Abstrak

Dalam industri pariwisata, perhotelan adalah merupakan sektor industri yang bergerak dalam bidang jasa yang memberi pelayanan, baik pelayanan penginapan dan juga pelayanan makanan dan minuman. Oleh sebab itu hotel dituntutdapat memberikan kepuasan terhadap tamu baik dari fasilitas maupun makanannnya . untuk dapat mencipatakan kepuasantamu salah satu caranya dengan meningkatkan hygiene dan sanitasi  pada semua department tidak terkecuali pada kitchen departemen.Hygiene adalah upaya kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan individu subyeknya seperti mencuci tangan untuk melindungi kebersihan tangan. Sedangkan sanitasi adalah salah satu usaha pencegahan yang menitik beratkan kegiatan dan tindakan yang perlu untuk membebaskan makanan dan minuman dari segala bahaya yang dapat menganggu atau merusak kesehatan, mulai dari sebelum makanan diproduksi sampai pada saat dimana makanan dan minuman tersebut siap untuk dikonsumsikan kepada masyarakat atau konsumen.Prosedur hygiene sanitasi kitchen departemen meliputi karyawan dapur, peralatan, kontruksi bangunan,bahan makanan dan proses pengolahannya.

 

Kata kunci:mutu makanan, hygiene dan sanitasi, dapur, hotel

PENGARUH KEPUASAN KERJA DENGAN

PRODUKTIVITASKERJA  KARYAWAN PASTRY

DI HOTELSAHID JAYA DAN TOWER JAKARTA

 

Rina Ekawati

Gunawan Supriyadi

Akademi Pariwisata (AKPAR) Pertiwi

Jl. Dewi Sartika, Kav 2-3, Cililitan, Jakarta Timur

Abstrak

Peranan manajemen sebagai pengelolaan sumber daya manusia diperlukan. Hal ini merupakan suatu cara meningkatkan suatu produktivitas kerja karyawan. Kadang kemajuan dari suatu organisasi tidak diimbangi oleh sumber daya yang baik pula. Produktivitas kerja ini dapat menurun kemungkinan adanya persaingan yang tidak sehat, kecemburuan sosial antara para karyawannya. Kurangnya pemahaman dalam berpola pikir akan mengakibatkan kemerosotan kemajuan dari pada peningkatan organisasi.Bedasarkan hasil penelitian menunjukkan kepuasan kerja memiliki pengaruh terhadap produktivitas. Artinya antara kepuasan kerja memiliki hubungan yang signifikan dengan produktivitas.Dari 20 responden dengan variabel X (kepuasan ) berjumlah 5 item pertanyaan menunjukan jumlah valid. Normalitas data nilai Kolmogorov Smirnov variabel x (kepuasan kerja) 0,823 dengan probabilitas signifikan 0,508 > ? = 0,05. Hal ini menunjukan bahwa HO diterima atau variabel x (kepuasan kerja) berdistribusi normal.From Ttabel obtained from the calculation = df = n-2 = 20-2 = 18, then Ttabel = 2.1009 for Thitung 3.9> 2.1009, then Ho is rejected and Ha is accepted there is a significant relationship between satisfaction and productivity.   

 

Kata kunci : Kepuasan kerja, produktivitas, pencapaian

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *