Jurnal Pesona Hospitality Vol. 7, No. 1. Januari 2014

PENGARUH PENERAPAN STANDARD OPERATING PROCEDURE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN THE BREEZE CAFE GUNUNG SAHARI JAKARTA PUSAT

 

Anisatul Auliya

Nursumarsiana

Akademi Pariwisata (AKPAR) Pertiwi

Jl. Dewi Sartika, Kav 2-3, Cililitan, Jakarta Timur

Abstrak

Dalam penulisan Tugas Akhir ini penulis melakukan penelitian di The Breeze Cafe The Media Hotel & Towers Gunung Sahari di Departement Food And Beverage Service. Dengan berkembangnya dunia pariwisata di dunia, negara Indonesia juga ingin bersaing dengan negar-negara maju untuk mengembangkan usaha jasa pariwisata.Karena negara Indonesia sangat kaya dengan keanekaragaman suku bangsa maka didirikan sebuah akomodasi penginapan / hotel sebagai tempat untuk bermalam, beristrirahat bagi para pelancong / turis yang ingin mendapatkan tempat penginapan dan fasilitas yang baik dari pelayanan hotel. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 8 Juli 2013 – 8 Januari 2014 di THE MEDIA HOTEL & TOWERS GUNUNG SAHARI. Penelitian ini mengambil tentang Pentingnya penerapan standard operating procedure terhadap kepuasan pelanggan di The Media Hotel & Towers Gunung Sahari Departement FoodAnd Beverage Service.

 

Kata kunci: Pengaruh penerapan standard operating procedure terhadap kepuasan pelanggan

PENGARUH KOMUNIKASI SEORANG PRAMUSAJI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI RESTORAN BISTRO 160

 HOTEL GRAND MILLENIUM KUALA LUMPUR

 

Farrah

Yayu Novikania

Akademi Pariwisata (AKPAR) Pertiwi

Jl. Dewi Sartika, Kav 2-3, Cililitan, Jakarta Timur

Abstrak

Penelitian ini mengambil sekitar Pengaruh Komunikasi tersebut Seorang pramusaji Terhadap Kepuasan Pelanggan di Grand Millenium Hotel Kuala Lumpur di Departemen Food & Beverage. Saat ini industri perhotelan sangat berkembang mengingat jumlah tamu atau daerah mancanegara yang datang ke Malaysia, dengan tujuan untuk bisnis atau hanya vocationing. Oleh karena itu, tentunya para tamu memerlukan tempat tinggal serta fasilitas lainnya di. Dalam hal ini berkaitan dengan peran hotel serta meningkatkan layanan untuk berpartisipasi dalam tempat yang nyaman untuk beristirahat dan bersih bersama disertai sopan layanan dan hospility.data koleksi dilakukan dengan pengamatan selama enam bulan.

 

Kata kunci: komunikasi, pelayan, kepuasan.

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN TAMU DI RESTORAN BREEZE CAFÉ GUNUNG SAHARI JAKARTA PUSAT

 

Fristi Bellia Annishia

Sonia Putry

Akademi Pariwisata (AKPAR) Pertiwi

Jl. Dewi Sartika, Kav 2-3, Cililitan, Jakarta Timur

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu di Restoran Breeze café. Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengambilan secara random dengan pertimbangan bahwa populasi yang ada sangat besar jumlahnya sehingga tidak memungkinkan untuk meneliti seluruh populasi yang ada, sehingga dibentuk sebuah perwakilan populasi. Sampel dalam penelitian adalah tamu hotel yang sedang menggunakan jasa restaurant Breeze café. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (X) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu (Y) Restoran Breeze Café dengan hasil nilaiterlihat thitung2.852 dimana ttabel 2.048 sehingga (thitung2.852> ttabel 2.048) sehingga (Ho) ditolak dan (Ha) diterima artinyaada pengaruh antara Kualitas PelayananBreeze café terhadap Kepuasan Tamu. Nilai probabilitas hasil sebesar 0.008 dimana nilai ?=0.05 dengan demikian (?=0.008<?=0.05) karena probabilitas jauh di bawah nilai alpha maka variabel Kualitas Pelayanan memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap Kepuasan Tamu.

 

Kata kunci : kualitas pelayanan, kepuasan tamu.

PENGARUH SUHU PENYIMPANAN TERHADAP

KUALITAS BAHAN MAKANAN

 

Nanik Kartika

Sartika Dini Wulan

Akademi Pariwisata (AKPAR) Pertiwi

Jl. Dewi Sartika Kav.2-3, Cililitan, Jakarta Timur, (021) 8090474

Abstrak

Suhu penyimpanan adalah suhu ruangan sebelum makanan dijual atau diproses. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik dan pengaruh kualitas makanan dan juga kendala-kendala yang dihadapi dalam menjaga kualitas makanan. Penyimpanan suhu makanan dikelompokkan berdasarkan jenis dan kekebalannya. Semua data menunjukkan bahwa ada pengaruh antara suhu penyimpanan dan kualitas makanan. Yang dibuktikan dengan ada kerusakan dari setiap sayuran ketika ditempatkan dalam 56 ° C, sayuran ini dikeringkan dan mengurangi kualitasnya. Terbukti dengan terjadinya kerusakan pada susu dan krim kocok ditempatkan di suhu kamar.

 

Kata Kunci: Suhu, penyimpanan, kualitas, makanan.

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PELAYANAN KARYAWAN DEPARTEMEN FRONT OFFICE

DI HOTEL PURI MEGA JAKARTA

 

Rina Ekawati

Annisa Novyanthi

Akademi Pariwisata (AKPAR) Pertiwi

Jl. Dewi Sartika Kav 2 & 3 Cililitan Jakarta 13640, Telp. 021-8090474

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara jelas tentang gaya kepemimpinan, motivasi dan pelayanan karyawan di Hotel Puri Mega Jakarta. Tujuan kedua adalah untuk menguji pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi untuk karyawan Front Office. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Hotel Puri Mega Jakarta dan pelanggan. Dengan sampel  berjumlah 50 responden. Analisis penelitian dilakukan dengan menggunakan SPSS. Hasil analisis deskriptif menunjukkan: a) dimensi Partisipatif adalah dimensi yang paling dominan dalam gaya kepemimpinan, b) dimensi faktor eksternal adalah dimensi yang paling dominan dalam motivasi, c) dimensi emphaty adalah dimensi yang paling dominan dalam kerja karyawan. Hasil pengujian hipotesis adalah: 1) pengaruh gaya kepemimpinan karyawan layanan, 2) Motivasi mempengaruhi karyawan layanan, 4) Gaya kepemimpinan dan pengaruh motivasi karyawan layanan.

 

Kata kunci:     gaya kepemimpinan, motivasi kerja, pelayanan karyawan

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *