Jurnal Pesona Hospitality Vol. 6, No. 2. July 2013

ANALISIS KUALITAS DOSEN TERHADAP PRESTASI MAHASISWA DI AKADEMI PARIWISATA (AKPAR) PERTIWI

Rina Ekawati

Siti Yuningsih

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas dosen dalam mempengaruhi prestasi mahasiswa Akademi Pariwisata Pertiwi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif melalui penyebaran kuesioner dengan pengolahan data SPSS.17. Waktu observasi Juli hingga Agustus 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogic, kompetensi professional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial secara simultan mempengaruhi mempengaruhi prestasi mahasiswa, maka jika nilai kompetensi pedagogic, kompetensi professional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial meningkat, prestasi mahasiswa pun meningkat, namun secara parsial kompetensi kepribadian tidak signifikan berpengaruh terhadap prestasi mahasiswa, dengan 72% koefisien determinasi kualitas dosen mempengaruhi prestasi mahasiswa.

Kata Kunci : kompetensi pedagogic, kompetensi professional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial Dan Prestasi Mahasiswa

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESUKSESAN DAYA TARIK WISATA : KASUS MUSEUM NEGERI PROVINSI LAMPUNG “RUWA JURAI”

Anisatul Auliya

Abstrak

Atraksi pengunjung sebagai kunci utama untuk menarik wisatawan berkunjung ke tujuan wisata. Tujuan dari penelitian adalah untuk menawarkan sebuah pendekatan terpadu untuk memahami keberhasilan tarik pengunjung dengan memeriksa bukti teoritis dan empiris pada hubungan klausal antara komponen produk dan pengelolaan daya tarik. Sebuah model penelitian diusulkan dimana dua hipotesis dikembangkan. Data empiris dikumpulkan secara pribadi, museum ruwa jurai di provinsi lampung. Sebanyak 98 kuesioner kembali dan data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi multivariate untuk mengetahui pengaruh antara produk, pengelolaan daya tarik dan keberhasilan daya tarik pengunjung. Hipotesis penelitian diuji dengan software SPSS dan hasil ini diperoleh : 1- ada pengaruh yang signifikan antara produk dan keberhasilan atraksi pengunjung 2 -. Ada pengaruh yang signifikan antara pengelolaan daya tarik dan keberhasilan atraksi pengunjung implikasi teoritis dan manajerial.  Ditarik berdasarkan hasil studi. Studi ini memberikan lebih melalui pemahaman faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan tarik pengunjung, yang dapat membantu pemerintah lebih memahami kebutuhan pengunjung.

Kata Kunci : Pariwisata, Atraksi Pengunjung, Faktor dari Objek sukses Pengunjung

USAHA MENINGKATKAN PELAYANAN PENGADAAN LINEN DAN AMENITIES TERHADAP ROOM ATTENDANT DI HOTEL X

Darka

Hikmatul Kurniati

Abstrak

Penelitian ini menjelaskan tentang usaha meningkatkan pelayanan pengadaan linen dan Amenities terhadap Room Attendant di Hotel X. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah.

Berdasarkan hasil penelitian kendala yang di hadapi dalam pendistribusian amenities terhadap efektivitas seorang room attendant berpengaruh kurang baik sehingga mengakibatkan room attendant bekerja kurang efisien terhadap kelengkapan amenities di kamar.

Kata kunci : Tata graham, Room Attendant, Pelayanan, Pendistribusian Linen dan amenities.

RELATIONSHIP BETWEEN FACTORS OF MUSEUM PERFORMANCE AND OVERALL SATISFACTION OF VISITOR IN JAKARTA HISTORY MUSEUM, INDONESIA.

Fristi Bellia Annishia

Mardjoko

abstrak

Penelitian ini menelusuri tentang hubungan antara faktor of museum performance dan overall satisfaction pada pengunjung museum sejarah Jakarta, ( museum fatahiilah), Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan hubungan antara faktor of museum performance dan overall satisfaction pada pengunjung. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung museum sejarah Jakarta. Teknik Sampling menggunakan convenience sampling. Jumlah sampel terdiri atas 355 responden. Analisis data menggunakan spearman rank correlation coefficient test. Digunakan untuk melihat hubungan antara faktor of museum performance dan overall satisfaction. Uji korelasi menunjukkan adanya hubungan antara factors of museum performance dan overall satisfaction pada pengunjung. Karena nilai koefisien sebesar 0.159, artinya hubungan yang lemah antara faktor of museum performance dan overall satisfaction.

Kata Kunci : Overall satisfaction, factors of museum performance, satisfaction of visitor, museum

FACTORS OF VISITOR MOTIVATION TO VISIT INDONESIA IN MINIATURE PARK, JAKARTA, INDONESIA

Farrah

abstrak

Studi ini meneliti tentang faktor yang memotivasi wisatawan untuk mengunjungi taman mini Indonesia indah. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1. mengetahui motivasi pengunjung tmii, 2. Menguji perbedaan motivasi seluruh variable demografis yang diteliti. Populasi dari penelitian ini adalah pengunjung taman mini Indonesia indah, sebanyak 367 kuesioner disebarkan kepada responden. Pengujian variable menggunakan independent sample test, -test.  Penggunaan One way ANOVAdigunakan untuk menilai nilai rata-rata pengunjung berdasarkan LMS (Leisure Motivation Study) serta Kondisi Demografis pengunjung. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa perbedaan variable demografis terdapat pula perbedaan motivasi pengunjung.

Kata Kunci : Motivasi wisata, pengunjung, Taman Mini Indonesia Indah.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *