SEMINAR “Manfaat Penampilan & Perawatan Diri Bagi Remaja”

Industri jasa merupakan industri yang berkembang dengan pesat di Indonesia. Perkembangan industri jasa telah merambah ke berbagai bidang,misalnya bidang perhotelan, pendidikan, hingga jasa medis. Bekerja di industri jasa khususnya di bidang industry jasa pariwisata dibidang perhotelan, sangat dibutuhkan tenaga ahli yang tidak hanya ahli dibidangnya atau menguasai bahasa asing, tetapi harus di dukung dengan penampilan yang rapi, bersih ditambah dengan sikap ramah dan sopan akan sangat membantu karyawan dalam memberikan pelayanan yang memuaskan (satisfication). Sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu ciri dari pada keberhasilan hotel menjual jasa pelayanan adalah pada kepuasan tamu (guest satisfication).

Dengan demikian betapa pentingnya peranan grooming dalam dunia pelayanan jasa, khususnya pada dunia perhotelan, maka AKPAR Pertiwi mewajibkan setiap mahasiswa-nya khususnya yang akan melakukan praktek kerja lapangan untuk mengikuti pelatihan teknik berpenampilan yang baik, teknik merawat diri bagi pria dan wanita, merawat wajah agar terlihat segar, rapi, dan make up yang baik sehingga tampak terlihat tidak mencolok ketika bekerja, kegiatan ini dikenal dengan nama kegiatan “Beauty & Handsome Class.”

Untuk menciptakan hal tersebut Akademi Pariwisata Pertiwi mengadakan kegiatan Seminar Perawatan Diri “Manfaat Penampilan & Perawatan Diri Bagi Remaja” Acara ini bertujuan untuk memberikan informasi betapa pentingnya merawat diri dan menjaga penampilan bagi pria dan wanita. Dalam seminar ini, mahasiswa juga dipraktekkan langsung beberapa teknik berdandan seperti menggunakan make up dengan warna yang harus disesuaikan sehingga tidak terlalu mencolok dan terlihat berlebihan bagi para wanita. Bersama instruktur  Hj. Tuti Indrayani, SE, MBA dan Ibu Lia yang sudah berecimpung di dunia kecantikan sejak tahun 70-an.

Seminar ini dihadiri oleh mahasiswa/i, dosen dari AKPAR Pertiwi dan mahasiswa/i dari Universitas Krisnadwipayana. Dalam seminar ini para mahasiswa/i mengikuti dengan antusias sehingga mereka mendapatkan banyak sekali ilmu baru. Di dalam seminar ini Ibu Yeni menyampaikan mengenai betapa pentingnya merawat diri dan menjaga penampilan bagi pria dan wanita, menginformasikan tata cara teknik berdandan seperti menggunakan make up dengan warna yang harus disesuaikan sehingga tidak terlalu mencolok dan terlihat berlebihan bagi para wanita dan pria agar terlihat selalu segar dan bersih, menginformasikan cara menata rambut baik pria dan wanita harus selalu rapi dan disesuaikan dengan kondisi yang ada dan menginformasikan cara merawat diri yang efektif dan efisien yang dapat aplikasikan sendiri ketika waktu senggang tanpa harus selalu pergi ke salon kecantikan.

Di akhir acara peserta diberikan kesempatan untuk dapat berdiskusi dan tanya jawab secara langsung dengan narasumber dan tidak lupa pula pihak panitia memberikan sertifikat kepada peserta yang telah berpartisipasi pada kegiatan ini. Semoga AKPAR Pertiwi dapat selalu mengadakan seminar secara rutin  dilain waktu yang sangat bermanfaat untuk para remaja. (Anisatul Auliya, SST.Par.,M.Par)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *